Selasa, 13 Maret 2012

MUSIK

  MUSIK
   
      Apakah nusantara tidak memiliki musik modern? Seiring dengan perkembangan jaman yang telah mengglobal, seni musik nusantara pun berinteraksi dan dapat pengaruh dari unsur-unsur musik Barat dan lahirlah musik-musik modern nusantara.
Pada umumnya, kaum muda saat ini lebih mengenal musik modern daripada musik tradisional/daerah. Hal ini dapat kita lihat pada setiap konser musik modern selalu dipadati oleh kaum muda dan juga kalau kita perhatikan media musik di HP/komputer kaum muda maka hampir 99,99% adalah album musik modern.




Pengertian musik tradisional dan musikmodern

Musik Daerah/Tradisional
         
      Musik daerah atau musik tradisional adalah musik yang lahir dan berkembang didaerah- daerah di seluruh Indonesia. Ciri khas pada jenis musik ini teletak pada isilagu dan instrumen (alat musiknya). Musik tradisi memiliki karakteristik khas, yaknisyair dan melodinya menggunakan bahasa dan gaya daerah setempat. Indonesiaadalah sebuah negara yang terdiri dari ribuan pulau yang terbentang dari Papuahingga Aceh. Dari sekian banyaknya pulau beserta dengan masyarakatnya tersebutlahir, tumbuh dan berkembang. Seni tradisi yang merupakan identitas, jati diri, mediaekspresi dari masyarakat pendukungnya.

       Musik Modern

      Modern adanya sentuhan teknologi yang dianggap lebih beradab dan lebih maju,sedangkan tradisional lebih terikat akan fungsional dalam social masyarakat yangmendukung sebuah kebudayaan tersebut.

Musik modern nusantara dapat dekelompokkan ke dalam beberapa jenis, antara lain:

1. Dangdut, ciri-cirinya: melodi dan harmoni sederhana, tangga nada cendrung minor, ekspresi berdasarkan
    keserasian lirik, beat konstan, lebih menekankan keindahan gerak.
2. Pop, ciri-cirinya: melodi mudah diterapkan dengan berbagai karakter lirik, fleksibel dan mudah dipadukan dengan dengan jenis lain, lagu mudah disenandungkan dan mudah dipahami, harmoni tidak rumit, tempo bervariasi.
3. Balada, ciri-cirinya: mirip dengan pop, tempo lambat dan sedang, pola melodi bervariasi, lirik ekspresif, mengisahkan suka duka kehidupan.
4. Rock, ciri-cirinya: area nada luas, kekuatan terletak pada dinamika aransemen, lagu sulit disenandungkan, lirik lagu ekspresif, beat cendrung keras, tempo lambat/cepat, harmoni sangat rumit.
                  Berikut ini beberapa contoh musik modern :
1. Sebelum-cahaya-letto
2. Hitamku-Andra TB
3. Kau Curi-J Rocks




Alat music tradisional

Gamelan adalah alat musik yang terbuat dari bahan logam, gamelan berasal dari daerah Jawa tengah, Yogyakarta, Jawa Timur juga di Jawa Barat disebut dengan Degung dan di Bali disebut Gamelan Bali.
Kendang adalah sejenis alat musik perkusi yang membrannya berasal dari kulit hewan (kambing). Kendang atau gendang dapat dijumpai di banyak wilayah Indonesia. Di daerah Jawa Barat kendang mempunyai peranan penting dalam tarian Jaipong. Di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali kendang selalu digunakan dalam permainan gamelan baik untuk mengiringi tarian, wayang dan ketoprak.






Rebana adalah jenis alat musik yang biasa di gunakan dalam kesenian yang bernafaskan Islam. rebana dapat dijumpai hampir di sebagian wilayah Indonesia.



Kecapi adalah alat musik petik yang berasal dari daerh Jawa Barat. Bentuk organologi kecapi adalah sebuah kotak kayu yang diatasnya berjajar dawai/senar, kotak kayu tersebut berguna sebagai resonatornya.


Arumba (alunan rumpun bambu) berasal dari daereah Jawa Barat. Arumba adalah alat musik yang terbuat dari bahan bambu yang di mainkan dengan melodis dan ritmis.




Talempong adalah seni musik tradisi dari Minangkabau. Talempong adalah alat musik bernada diatonis (do, re, mi, fa, sol, la, si, do).



Sampek (sampe/sapek) adlah alat musik yang bentuknya menyerupai gitar berasal dari daerah Kalimantan. Alat musik ini terbuat dari bahan kayu yang dipenuhi dengan ornamen/ukiran yang indah. Alat musik petik lainnya yang bentuknya menyerupai sampek adalah Hapetan dari daerah Tapanuli, Jungga dari Sulawesi Selatan.

Kolintang atau kulintang berasal dari daerah Minahasa. Alat musik ini mempunyai tangga nada diatonis yang semua instrumennya terdiri dari bas, melodis dan ritmis. Bahan dasar dibuat dari kayu dan cara untuk memainkan alat musik ini di pukul dengan menggunakan stik.



Sasando adalah alat musik petik berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur, kecapi ini terbuat dari bambu dengan diberi dawai/senar sedangkan untuk resonasinya di buat dari anyaman daun lontar yang mempunyai bentuk setengah bulatan.



Rebab / Instrumen musik tradisional yang menggunakan teknik permainan digesek adalah Rebab. Rebab berasal dari daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jakarta (kesenian betawi). Rebab terbuat dari bahan kayu dan resonatornya ditutup dengan kulit tipis, mempunyai dua buah senar/dawai dan mempunyai tangga nada pentatonic





Suling adalah instrumen musik tiup yang terbuat dari bambu hampir semua daerah di Indonesia dapat dijumpai alat musik ini.




Saluang adalah alat musik tiup dari Sumatera Barat, serunai dapat dijumpai di Sumatera Utara, Kalimantan. Suling Lembang berasal dari daerah Toraja yang mempunyai panjang antara 40 – 100 cm dengan garis tengah 2 cm.

Serompet adalah jenis alat musik tiup yang mempunyai 4 – 6 lubang nada dan bagian untuk meniupnya berbentuk corong. Seni musik tradisional yang menggunakan alat musik seperti ini adalah kesenian rakyat Tapanuli, Jawa Barat, Jawa Timur, Madura dan Papua.




Alat music modern



        Gitar adalah alat musik petik yang terbuat dari kayu dengan beberapa bagiandari logam / Metal dan terdapat 6 tali / senar untuk dimainkan. Bagian atas danbawah dari badan gitar berbentuk angka 8. 6 senar terikat pada Pegs ataupemutar senar yang ditarik sepanjang badan gitar. Pegs / pemutar senar digunakan untuk Tuning. Instrumen ini sangat dikenal. Hanya dengan memetiksenarnya, orang orang langsung bergabung bersama. Pada sebuah pesta andabisa bermain gitar untuk bernyanyi dan berdansa. Disaat sendiri suara yangdihasilkan bagai sebuah Orchestra kecil.
Suara gitar mempunyai sifat romantis. Oleh karenanya, lagu “Romansa” paling
cocok bila dibawakan dengan gitar. Selain gitar-gitar tradisional, maka adabeberapa jenis gitar lainnya. Misalnya gitar Hawaiian yang menggunakan sistimslide; kemudian ada gitar yang menggunakan dawai nylon (gitar klasik dan gitar folk), serta ada pula yang menggunakan dawai logam (steel guitar)




Piano adalah alat musik yang sangat kompleks dan terdiri dari material-material yang mahal. Ada lebih dari 9.000 bagian pada kunci ditambah dengan bagiankombinasi lainnya. Jika dianalisa material dari piano, maka akan terlihat kayudengan kualitas tinggi, besi, baja, tembaga, plastik, kuningan, kapas, bahanperekat (lem), dan sebagainya. Maka bisa dibayangkan betapa sulitnyamembersihkan bagian-bagian yang tidak mudah terjangkau di dalam piano

  Page 3
Drum
Drum sebenarnya bermacam-macam. Ada Snare, Tom-tom, bass, conga,
tymbal, mondo, bedug, tabla…..dll. Mereka sebenarnya adalah drum, karena
memainkannya dengan cara dipukul. Tetapi yang kita bahas adalah DRUMSET,yang bisa dibilang bentuk drum paling modern. Drumset itu sendiri sebenarnyaterdiri atas 3 drum, yaitu Snare, Tom-tom dan Bass drum. Untuk Tom-tommasih dapat dibagi dua lagi, yaitu : Mounted tom dan floor tom-tom(tergantung dari peletakan dan diameter saja). Dari ke tiga unsur tersebutmasih ada beberapa unsur penting lagi, yaitu cymbal, hardware, (pedal, hihatstand, cymbal stand, snare stand, tom holder/tom stand) dan drumhead.

Biola adalah sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan caradigesek. Biola memiliki empat senar (G-D-A-E) yang disetel berbedasatu sama lain dengan interval sempurna kelima. Nada yang palingrendah adalah G. Di antara keluarga biola, yaitu dengan viola dancello, biola memiliki nada yang tertinggi. Alat musik dawai yanglainnya, bas, secara teknis masuk ke dalam keluarga viol. Kertasmusik untuk biola hampir selalu menggunakan atau ditulis padakunci G.Sebuah nama yang lazim dipakai untuk biola ialah fiddle, dan biolaseringkali disebut fiddle jika digunakan untuk memainkan lagu-lagutradisional

             6
Obo adalah alat musik double reed jenis woodwind. Ia adalahketurunan dari shawm. Kata "obo" berasal dari bahasa Perancishautbois, berarti "high wood". Alat musik ini kadang-kadang masihdisebut hautboy dalam bahasa Inggris. Seorang musikus yangmemainkan obo disebut obois




 

Page 7

Saksofon adalah instrumen yang masih tergolong dalam keluargabrasswind. Saksofon biasanya terbuat dari logam dan dimainkanmenggunakan single-reed seperti klarinet. Saksofon yang merupakanciptaan dari Adolphesax pada tahun 1846, umumnya dihubungkandengan popular music, big band music dan jazz, tapi awalnyaditujukan sebagai instrumen orkestra dan band militer.

9

Harmonika adalah sebuah alat musik yang paling mudah dimainkan. Hanyatinggal meniup dan menghisapnya, maka harmonika akan mengeluarkan suarayang cukup bagus. Harmonika berasal dari alat musik tradisional China yangbernama 'Sheng' yang telah digunakan kira-kira 5000 tahun yang lalu sejakkekaisaran Nyu-kwa




Page 14

Tamburin merupakan salah satu contoh dari alat perkusi yang tidak banyak berubah sepanjang masa. Di Indonesia, tamburinmerupakan sejenis alat musik modern yang paling populer di Aceh.Tamburin ini awalnya pernah digunakan sebagai musik       Klasik,musik Roma, musik Persia, musik Gospel, musik Pop dan lain-lain. DiBrasil, umumnya dikenal sebagai Pandeiro



Fungsi music

Mengenal Terapi Musik


Terapi musik adalah usaha meningkatkan kualitas fisik dan mental dengan rangsangan suara yang terdiri dari melodi, ritme, harmoni, timbre, bentuk dan gaya yang diorganisir sedemikian rupa hingga tercipta musik yang bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental.
Hal ini disebabkan musik memiliki beberapa kelebihan, yaitu karena musik bersifat nyaman, menenangkan, membuat rileks, berstruktur, dan universal. Perlu diingat bahwa banyak  dari proses dalam hidup kita selalu ber-irama. Sebagai contoh, nafas kita, detak jantung, dan pulsasi semuanya berulang dan berirama.
Pada dasarnya hampir semua jenis musik bisa digunakan untuk terapi musik. Namun kita harus tahu pengaruh setiap jenis musik terhadap pikiran. Setiap nada, melodi, ritme, harmoni, timbre, bentuk dan gaya musik akan memberi pengaruh berbeda kepada pikiran dan tubuh kita. Dalam terapi musik, komposisi musik disesuaikan dengan masalah atau tujuan yang ingin kita capai.

Musik sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Musik memiliki 3 bagian penting yaitu beat, ritme, dan harmony. Beat mempengaruhi tubuh, ritme mempengaruhi jiwa, sedangkan harmony mempengaruhi roh.

Contoh paling nyata bahwa beat sangat mempengaruhi tubuh adalah dalam konser musik rock. Bisa dipastikan tidak ada penonton maupun pemain dalam konser musik rock yang tubuhnya tidak bergerak. Semuanya bergoyang dengan dahsyat, bahkan cenderung lepas kontrol. Kita masih ingat dengan "head banger", suatu gerakan memutar-mutar kepala mengikuti irama music rock yang kencang. Dan tubuh itu mengikutinya seakan tanpa rasa lelah.

FUNGSI LAIN MUSIK :
Menghibur diri (Fun)
Mengekspresikan perasaan (Expression)
Mereda ketegangan otak dan bathin (Refresh)
Bersosialisasi dengan lingkungan lebih mudah (Social)
Menghibur orang di sekitar (Entertaint)
Mendapatkan penghasilan (Fee)
Menghasilkan karya musik (Creation)
Mengajarkan musik  ke orang lain (Education)
Koordinasi otak kanan dan otak kiri (Coordination)
Fungsi penghayatan estetis
Fungsi pengungkapan emosional
Fungsi komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar